POKOLPO – MAKANAN KHAS BERCAK

IMG_7290

Bercak Selasa (31/01), Bagi para pecinta makanan ringan, makanan satu ini bisa dicoba sebagai camilan untuk menemani aktivitas di waktu senggang. Pada umumnya makanan ini lebih dikenal dengan istilah “Machu”. Bentuknya yang sangat unik dan khas akan membuat orang yang pertama kali melihat akan merasa penasaran dan tertarik untuk mencobanya. Di Desa Bercak makanan ini lebih dikenal dengan sebutan “Pokolpo”. Istilah tersebut memang sangat unik dan membuat orang akan merasa penasaran mengapa makanan tersebut diberi nama Pokolpo.

Istilah “Pokolpo” ini sebenarnya berasal dari Bahasa Madura “Pokol” yang artinya menumbuk. Makanan ini berbentuk oval dan berongga di bagian dalamnya dengan ditaburi beras ketan berwarna-warni di lapisan luar sehingga mempercantik tampilan dari makanan khas Desa Bercak tersebut. Bahan dasar utama yang digunakan untuk membuat Pokolpo adalah beras ketan, dan gula merah sebagai pelengkapnya. Dalam proses pembuatan Pokolpo juga tidak terlalu rumit. Namun membutuhkan keahlian khusus dalam meracik adonan dengan perbandingan yang tepat, supaya tidak mempengaruhi kualitas adonan tersebut.

IMG_7295

Menurut Ibu Mawani, Pokolpo ini merupakan hasil turun temurun dari orang tuanya. Walaupun banyak orang yang juga membuat makanan tersebut, namun tidak ada yang bisa menyaingi hasil dari milik Ibu Mawarni.Pokolpo seringdijumpai dalam acara-acara besar seperti pernikahan, Idul Fitri, dan acara tradisi lainnya. Untuk pemasaran Pokolpo itu sendiri masih dalam lingkup wilayah Desa Bercak. Namun saat ini pemasaran Pokolpo akan lebih dikembangkan lagi, salah satunya dengan menggunakan e-commerce. Serta bentuk dan kemasan yang lebih menarik dan tetap masih mempertahankan keaslian Pokolpo. (Wahyudi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *