SOSIALISASI E-COMMERCE DI DESA BERCAK

IMG_8135

Bercak – Kamis (16/2) Sosialisasi E-commerce  bersama masyarakat Desa Bercak yang diselenggarakan oleh KKN UNEJ Jember. Sosialisasi tersebut mengagendakan tentang pemasaran produk unggulan Desa Bercak berupa Batik, bonsai, dan pokolpo secara online. Di era yang serba elektronik, pemasaran online lebih efektif dibandingkan dengan offline yang banyak memerlukan dana dan tenaga kerja. Syarat utama menjalankan bisnis online adalah meyakinkan konsumen berkenaan dengan barang yang kita jual. Selain itu, barang yang akan dikirim harus sesuai dengan spesifikasi yang telah tertera di media online.

Penggunaan E-commerce sebenarnya telah dipraktekkan oleh KKN dan respon yang didapatkan sangat baik. Misalnya saja pada pemasaran batik, banyak respon dari netizen yang berasal dari Jawa Barat, Bogor, dan Jakarta.  Pesanan batik yang dipesan kisaran 20-40 potong. Hal tersebut sangat baik sekali sebagai awal dari bisnis online di Desa Bercak.  Ada berbagai trik yang dapat dipakai untuk mendongkrak agar bisnis online sukses, misalnya dengan cara sering meng-update jenis-jenis barang yang dijual. Waktu ketika meng-update sangat berpengaruh dalam bisnis online disesuaikan dengan target pembelinya, jika yang dijadikan target pembeli adalah pegawai kantoran, maka jam yang digunakan untuk pemasarannya antara jam 15.00 s/d 22.00 WIB.IMG_8134

Peran desa dalam menunjang para pengrajin bonsai adalah dengan memberikan bantuan berupa pot, gergaji, dan gunting. Para pengrajin batik juga akan mendapat bantuan wajan dan kompor untuk membantu memperlancar produksi batik. Pembinaan tentang masalah skill pengrajin juga difasilitasi oleh desa dengan bekerjasama dengan BLK Bondowoso. Hasil kerajinan yang telah diproduksi oleh pengrajin tersebut akan dibeli oleh BUMDES Bercak dan akan dikomersilakan melalui E-commerce. (Wahyudi)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *