Harap Tunggu ....

Change Color

KKN adalah singkatan dari "Kuliah Kerja Nyata" yang merupakan program intrakurikuler dengan tujuan untuk

memberikan pengalaman pengabdian masyarakat kepada mahasiswa. Program KKN periode II tahun akademik 2021/2022 dinaungi oleh LP2M UNEJ (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), dengan tema UNEJ Membangun Desa (UMD). 

 

Pada tanggal 20 Juli 2022, Universitas Jember menerjunkan mahasiswanya ke desa-desa di luar Jember di 4 Kabupaten di Jawa Timur yaitu: Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo. Berbeda dengan keempat kabupaten tersebut, mahasiswa yang ditempatkan di area Kabupaten Jember diterjunkan 3 hari setelahnya pada 23 Juli 2022.

Kelompok 256 merupakan salah satu kelompok KKN yang diterjunkan di Desa Bercak, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso. Setelah upacara penerjunan di lapangan shaun the sheep, Kelompok 256 beserta Kelompok 254-258 diterima oleh pihak Kecamatan Cermee yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Edi Mulyono. 

 

Dalam upacara penerimaan di Kecamatan Cermee, didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Dr. Lilis Yuliati, S.E., M.Si. yang memberikan sambutan tentang peran mahasiswa terhadap desa yang ditempati mereka. Upacara penerimaan di Kecamatan Cermee berakhir dengan penandatangan berita acara yang ditandatangani oleh DPL serta Sekretaris Kecamatan, serta serah terima penerjunan mahasiswa UNEJ ke desa masing-masing.

Pada minggu pertama di Desa Bercak, kegiatan pertama Kelompok 256 KKN UNEJ membersihkan posko yang sebelumnya disediakan oleh Kepala Dusun Krajan II Bapak Sukandi. 

 

Pemasangan banner dilakukan untuk memberitahu keberadaan warga desa dan perangkat desa tempat tinggal Kelompok KKN 256 di Desa Bercak. Beberapa kunjungan dilakukan ke tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar lokasi posko KKN. 

 

Kunjungan pertama adalah ke kediaman Kepala Desa Bercak, Bapak Harjono. Namun, Kepala Desa sedang tidak berada di tempat dan Kelompok KKN 256 disambut oleh Ibu Kepala Desa Bu Hermin. Dalam kunjungan tersebut, Kelompok KKN 256 memperkenalkan diri serta memberitahu bahwa kehadiran mereka dalam rangka program UNEJ Membangun Desa. 

 

Ibu Kades memberikan informasi serta bercerita tentang kehidupan warga Desa Bercak, beberapa diantaranya adalah tentang: sosial dan budaya warga, tingkat pendidikan, dan KKN sebelum Kelompok KKN 256 UNEJ.

Di hari berikutnya Kelompok KKN 256 UNEJ berkesempatan bertemu dengan Kepala Desa Bercak, Bapak Harjono yang berlokasi di Kantor Desa Bercak. Pada pertemuan tersebut, Kelompok KKN 256 UNEJ berdiskusi tentang: Program kerja Kepala Desa yang akan diterapkan ke desa; Masalah dan tantangan yang ada di Desa Bercak; Potensi usaha serta mata pencaharian masyarakat Desa Bercak. 

Masih di area Balai Desa Bercak, kunjungan ke Poskesdes (Pos Kesehatan Desa) Bercak dilakukan untuk mengetahui informasi tentang kesehatan warga Desa Bercak. Lalu, kunjungan ke UMKM di sekitar desa untuk melihat potensi pengembangan usaha. UMKM yang dikunjungi adalah usaha pembuatan jajanan lokal pokolpo dan kerupuk. 

Kemudian untuk beberapa hari selanjutnya, kegiatan yang dilakukan adalah kunjungan ke seluruh kepala dusun yang ada di Desa Bercak. Desa Bercak terdiri atas 9 dusun yaitu: Krajan I, Krajan II, Krajan III, Dusun Timur, Karang Mellek, Laok Sabe, Deje Sabe, Ampel Berek, Ampel Timur. Kunjungan ditujukan untuk mengetahui informasi seputar kegiatan warga dusun, masalah yang dialami di dusun, serta potensi pengembangan usaha yang berada di dusun.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di 082331009760